IndeksPendaftaranLogin

Share | 
 

 Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
jossrinaldy
Member Aktif
Member Aktif


Jumlah posting : 111
Join date : 10.07.10
Age : 29
Lokasi : Pekanbaru

PostSubyek: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   Wed Dec 22, 2010 4:21 pm


Jakarta, Kucing dikenal sebagai binatang peliharaan yang manja, salah satu karakteristiknya adalah suka dibelai. Biasakan cuci tangan setelah membelainya, sebab di balik bulunya yang lembut bisa saja ada telur cacing pita yang bisa berpidah ke tangan.

Cacing pita (Taennia) merupakan jenis cacing parasit yang banyak menginfeksi kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata), mulai dari babi, sapi hingga manusia. Telur cacing ini sering ditularkan melalui daging binatang yang terinfeksi, namun tidak dimasak hingga matang sempurna.

Meski hanya menginfeksi vertebrata, penularan cacing pita bisa juga diperantarai oleh serangga yakni kutu anjing dan kutu kucing. Oleh karena itu, kucing, anjing dan binatang peliharaan lainnya tidak hanya menularkan cacing ini melalui daging tetapi juga lewat kutu yang ada di tubuhnya.

Tanpa adanya kutu sekalipun, cacing pita juga bisa menular saat membelai binatang peliharaan yang sudah terinfeksi. Kotoran binatang tersebut pasti mengandung telur atau larva, yang kadang-kadang menempel juga di tubuhnya apalagi jika jarang dimandikan.

Oleh karena itu cara terbaik untuk mencegah penularannya adalah dengan mencuci tangan setelah bersentuhan dengan binatang peliharaan. Langkah pencegahan berikutnya tentu saja menjaga kesehatan bianatang peliharaan dengan sering-sering membersihkannya.

Amati juga kemungkinan adanya gejala-gejala infeksi cacing pita, obati sesegera mungkin jika memang ada infeksi. Bagi pecinta binatang, tidak sulit untuk mengenali gejala infeksi cacing pita pada peliharaannya berdasarkan berubahan perilaku dan penurunan berat badan.

Dikutip dari Therealowner, Rabu (22/12/2010), salah satu perilaku binatang peliharaan yang menunjukkan adanya infeksi cacing pita adalah sering menyeret pantat di lantai atau karpet. Mirip seperti cacing kremi, cacing pita juga menyebabkan iritasi di anus sehingga memicu rasa gatal di bagian tersebut.

Sementara itu berat badannya juga turun meski porsi makan tidak berkurang. Infeksi cacing pita menyebabkan sebagian besar nutrisi dari makanan yang disantap akan diserap oleh parasit dan tidak sempat diserap oleh tubuh binatang peliharaan.

Jika gejala-gejala itu sudah tampak, cara untuk memastikannya adalah mengamati adanya cacing dewasa pada kotoran atau muntahannya jika infeksi tersebut sampai menyebabkan binatang peliharan mual-muntah. Agak menjijikkan memang, tapi itulah cara paling mudah untuk mendiagnosis infeksi cacing pita pada binatang.
Kembali Ke Atas Go down
skamax
Support Admin
Support Admin
avatar

Jumlah posting : 1847
Join date : 13.07.10

PostSubyek: Re: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   Sat Dec 25, 2010 7:14 am

Yang ini baru ane denger..seram juga ya, ane kira babi doang yang sumber cacing pita..
Kembali Ke Atas Go down
mahogan
Member Baru
Member Baru


Jumlah posting : 38
Join date : 14.09.10

PostSubyek: Re: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   Sun Dec 26, 2010 11:13 am

cacing itu emg menakutkan, bs hidup d mana aja, d tubuh mahluk hidup aja bs
Kembali Ke Atas Go down
ahaaayy
Member Baru
Member Baru


Jumlah posting : 46
Join date : 10.05.10

PostSubyek: Re: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   Sun Jan 02, 2011 4:53 pm

beuh,serem juga yak..
Kembali Ke Atas Go down
gali-gongli
Member Aktif
Member Aktif


Jumlah posting : 109
Join date : 04.11.10

PostSubyek: Re: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   Mon Jan 03, 2011 2:22 pm

Harus sering2 minum obat cacing buat pencegahan,dan biasakan hidup bersih!!
Kembali Ke Atas Go down
dudul
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 188
Join date : 09.05.10

PostSubyek: Re: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   Mon Jan 03, 2011 4:42 pm

berbahaya ya......baru tau
Kembali Ke Atas Go down
KOPLAK
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 112
Join date : 29.10.10

PostSubyek: Re: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   Sun Mar 13, 2011 8:48 pm

sealma kita tetap menjaga gaya hidup bersih pasti penuakit jauh dahhh
Kembali Ke Atas Go down
asterixs87
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 101
Join date : 20.07.10

PostSubyek: Re: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   Tue Mar 15, 2011 8:19 pm

bahaya bahaya
serem amat
Kembali Ke Atas Go down
ahyau
Phreak Moderator
Phreak Moderator
avatar

Jumlah posting : 1177
Join date : 04.07.10
Lokasi : [Root@Server]#

PostSubyek: Re: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   Sun Mar 20, 2011 9:34 pm

Kenapa trit ini br gw liat skrg yah??

gw jg br tau tuh cacing bisa nular liwat bulu.. kacau jg neh.. mana populasi kucing di rmh gw meningkat pesat lg..
Kembali Ke Atas Go down
DarkMatter
Member
Member
avatar

Jumlah posting : 99
Join date : 20.03.11

PostSubyek: Re: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   Sun Mar 20, 2011 10:59 pm

wah, semua bulu binatang bisa ya gan?
Kembali Ke Atas Go down
komplementer
Member
Member
avatar

Jumlah posting : 74
Join date : 11.04.11
Lokasi : Lesehan City

PostSubyek: Re: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   Wed Apr 20, 2011 8:04 am

yang punya kucing,, jangan lupa kalo mandiin sampe bersih,,,,

bahaya kucing paling besar tetep TOXO...... hati hati aja,,,

TOXO sebenernya menunjukan kita gk ngerawat kucing dengan bersih,,,,,

kucing tetep aman klo kita bisa jaga kebersihan kucingnya....

cacing pita emang bisa nular dari kucing karna kucing sering ke tempat kotor atau makan makanan yanga da cacaingnya......
Kembali Ke Atas Go down
Rapers
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 203
Join date : 08.06.11
Age : 21
Lokasi : Kingdom of Hack

PostSubyek: Re: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   Thu Jun 09, 2011 10:26 pm

Jangan jangan ane kena cacing pita lagi gan. Badan ane ngga pernah gemuk gemuk
Kembali Ke Atas Go down
http://www.expert-168.blogspot.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing   

Kembali Ke Atas Go down
 
Cacing Pita Bisa Menular Saat Membelai Kucing
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: GENERAL LOUNGE :: News & Politic-
Navigasi: