IndeksPendaftaranLogin

Share | 
 

 Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
firman
Moderator
Moderator
avatar

Jumlah posting : 1301
Join date : 13.06.10
Lokasi : Banjarmasin

PostSubyek: Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan    Wed May 04, 2011 5:19 pm

Tato memang sudah menjadi trend di dunia luar sana, jadi simbol kebebasan memodif diri dan tubuh, tapi di negara kita Indonesia tato sudah ada sejak dahulu. Jangan terkejut jika masuk ke perkampungan masyarakat Dayak dan berjumpa dengan orang-orang tua yang dihiasi berbagai macam tato indah di beberapa bagian tubuhnya. Tato bagi masyarakat Dayak bukan sekadar hiasan, tetapi memiliki makna yang sangat mendalam.

[You must be registered and logged in to see this image.]

Sebab tato bagi masyarakat Dayak tidak boleh dibuat sesuka hati sebab ia adalah sebahagian dari tradisi, status sosial seseorang dalam masyarakat, serta sebagai bentuk penghargaan suku terhadap kemampuan seseorang. Oleh karena itu, ada peraturan tertentu dalam pembuatan tato baik pilihan gambarnya, struktur sosial seseorang yang memakai tato maupun penempatan tatonya. Meskipun demikian, secara realitasnya tato memiliki makna sama dalam masyarakat Dayak, yakni sebagai "obor" dalam perjalanan seseorang menuju alam keabadian, setelah kematian.

[You must be registered and logged in to see this image.]

Bagi suku Dayak yang tinggal di sekitar Kalimantan dan Sarawak Malaysia, tato di sekitar jari tangan menunjukkan orang tersebut suku yang suka menolong seperti ahli pengobatan. Semakin banyak tatoo di tangannya, menunjukkan orang itu semakin banyak menolong dan semakin arif dalam ilmu pengobatan. Bagi masyarakat Dayak Kenya dan Dayak Kayan di Kalimantan Timur, banyaknya tato menggambarkan orang tersebut sudah kuat mengembara. Setiap kampung memiliki motif tato yang berbeda, banyaknya tato menandakan pemiliknya sudah mengunjungi banyak kampung.

[You must be registered and logged in to see this image.]

Berbeda pula dengan golongan bangsawan yang mamakai tato, motif yang lazim untuk kalangan bangsawan adalah burung enggang yakni burung endemik Kalimantan yang dikeramatkan. Ada pula tato yang dibuat di bagian paha. Bagi perempuan Dayak memiliki tatoo di bagian paha status sosialnya sangat tinggi dan biasanya dilengkapi gelang di bahagian bawah betis. Motif tato di bagian paha biasanya juga menyerupai simbol tato berbentuk muka harimau. Perbedaannya dengan tato di tangan, ada garis melintang pada betis yang dinamakan nang klinge.

[You must be registered and logged in to see this image.]

Tatoo sangat jarang ditemui di bagian lutut. Meskipun demikian, ada juga tatoo di bagian lutut pada lelaki dan perempuan yang biasanya dibuat pada bagian akhir pembuatan tato di badan. Tato yang dibuat di atas lutut dan melingkar hingga ke betis menyerupai ular, sebenarnya anjing jadi-jadian atau disebut tuang buvong asu.

_________________
[You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
http://mymfb.com/firman_bjm/
ahyau
Phreak Moderator
Phreak Moderator
avatar

Jumlah posting : 1177
Join date : 04.07.10
Lokasi : [Root@Server]#

PostSubyek: Re: Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan    Wed May 04, 2011 5:34 pm



...... Bagi perempuan Dayak memiliki tatoo di bagian paha status sosialnya sangat tinggi dan biasanya dilengkapi gelang di bahagian bawah betis .......

andai ada gambarnya jg.. penasaran..
Kembali Ke Atas Go down
Rapers
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 203
Join date : 08.06.11
Age : 21
Lokasi : Kingdom of Hack

PostSubyek: Re: Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan    Sun Jun 12, 2011 2:33 pm

Kalau perempuan yang makai banyak anting-anting sampai telinga nya kebawah itu gimana gan??
Kembali Ke Atas Go down
http://www.expert-168.blogspot.com
rend.army
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 153
Join date : 15.08.10
Age : 26
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan    Sun Jun 12, 2011 4:52 pm

Rapers wrote:
Kalau perempuan yang makai banyak anting-anting sampai telinga nya kebawah itu gimana gan??
emang ada yah gan??ane kok gak pernah denger yah..nyiksa banget pasti itu gan..jd merinding byanginnya..
Kembali Ke Atas Go down
Rapers
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 203
Join date : 08.06.11
Age : 21
Lokasi : Kingdom of Hack

PostSubyek: Re: Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan    Sun Jun 12, 2011 8:27 pm

rend.army wrote:
Rapers wrote:
Kalau perempuan yang makai banyak anting-anting sampai telinga nya kebawah itu gimana gan??
emang ada yah gan??ane kok gak pernah denger yah..nyiksa banget pasti itu gan..jd merinding byanginnya..

Bukan gan.. Semakin banyak antingnya berarti status sosial cewe itu semakin tinggi atau semakin cantik.. haha ada-ada aja
Kembali Ke Atas Go down
http://www.expert-168.blogspot.com
rend.army
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 153
Join date : 15.08.10
Age : 26
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan    Mon Jun 13, 2011 1:15 am

Rapers wrote:
rend.army wrote:
Rapers wrote:
Kalau perempuan yang makai banyak anting-anting sampai telinga nya kebawah itu gimana gan??
emang ada yah gan??ane kok gak pernah denger yah..nyiksa banget pasti itu gan..jd merinding byanginnya..

Bukan gan.. Semakin banyak antingnya berarti status sosial cewe itu semakin tinggi atau semakin cantik.. haha ada-ada aja
Kembali Ke Atas Go down
areyqyu
Member
Member
avatar

Jumlah posting : 79
Join date : 13.06.11
Age : 28
Lokasi : Smd - Bro

PostSubyek: Re: Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan    Tue Jun 14, 2011 5:41 pm

baru tau arti tato bagi suku dayak itu bgtu yah... Kirain buat gaya2an aja... Ternyata makna dari tato itu banyak yah... Hmm...
Kembali Ke Atas Go down
Rapers
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 203
Join date : 08.06.11
Age : 21
Lokasi : Kingdom of Hack

PostSubyek: Re: Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan    Tue Jun 14, 2011 8:01 pm

areyqyu wrote:
baru tau arti tato bagi suku dayak itu bgtu yah... Kirain buat gaya2an aja... Ternyata makna dari tato itu banyak yah... Hmm...

Biasanya kalau suku pedalaman ngga gitu gan..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.expert-168.blogspot.com
areyqyu
Member
Member
avatar

Jumlah posting : 79
Join date : 13.06.11
Age : 28
Lokasi : Smd - Bro

PostSubyek: Re: Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan    Wed Jun 15, 2011 1:47 pm

Bukannya Dayak juga merupakan salah satu suku pedalaman kalimantan.. O.O
Kembali Ke Atas Go down
spynotte
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 162
Join date : 26.06.10
Lokasi : jawa

PostSubyek: Re: Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan    Thu Jun 16, 2011 7:46 pm

tatonya ada yg kayak lambang naruto gitu ya....hihihi
Kembali Ke Atas Go down
jun089
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 117
Join date : 25.08.11

PostSubyek: Re: Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan    Mon Aug 29, 2011 4:29 pm

sodaraku pernah merantau sampe di Sumba, gak tau kalo disana nama-nya suku apa, tp ketika dia pulang ke jawa tau2 di bagian bisep sebelah kiri sudah ada tato kalajengkingnya.. kyknya emang suku2 pedalaman yang menghias diri dengan tato itu adalah hal yang lumrah disana ...
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan    

Kembali Ke Atas Go down
 
Makna Tato Bagi Suku Dayak Kalimantan
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: GENERAL LOUNGE :: News & Politic-
Navigasi: