IndeksPendaftaranLogin

Share | 
 

 Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Rapers
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 203
Join date : 08.06.11
Age : 21
Lokasi : Kingdom of Hack

PostSubyek: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Fri Jun 10, 2011 7:45 am

Agan - agan pasti ingin tahu seperti apa strategi perang yang di gunakan oleh pasukan romawi.
Ternyata strategi perangnya benar2 luar biasa. Mungkin bagi agan2 yang suka main game genre strategi bisa menggunakan strategi yang di gunakan oleh pasukan romawi dulu.

Daripada banyak omong langsung aja deh CEKIDOT

Strategi Perang Pasukan Romawi

[You must be registered and logged in to see this image.]

Formasi dasar dari taktik bertempur Romawi, adalah mengorganisir pasukan secara disiplin, agar bisa bertempur secara efektif. Kebanyakan komandan militer pada waktu ini biasanya langsung menyerang frontal kearah musuh berdasarkan jumlah dan kekuatan pasukan yang masif, dan keberuntungan. Militer Romawi sadar bahwa mereka tidak selamanya bisa mengandalkan hal ini, kemudian mulai beralih ke strategi cara berperangnya yang terkenal. Setiap situasi, ditangani dengan cara yang berbeda dengan mempertimbangkan medan, kekuatan pasukan lawan, jenis dan spesifikasi (ketersediaan) pasukan romawi sendiri pada saat itu.

Spoiler:
 
Ini adalah formasi default. Kavaleri (Cavalry) mengapit dua baris kelompok pasukan infantri (setiap baris biasanya terdiri dari lima kelompok infantri). Dibelakang pasukan Infantri ada tujuh kelompok pasukan ringan, dan dibelakangnya, tujuh kelompok pasukan cadangan.

Ketika sedang berjalan (marching), formasi yang digunakan adalah: pasukan Kavaleri berada didepan, diikuti oleh pasukan infantri dalam kelompok yang memanjang. Dibelakangnya adalah kendaraan, bagasi dan pelayan. Dan yang paling belakang adalah unit terpilih (elite) dari kavaleri maupun infantri untuk melindungi serangan dari belakang. Unit-unit ringan kemudian disebar mengelilingi formasi utama ini.

Spoiler:
 

Bermacam-macam Formasi Serang-Bertahan pasukan Romawi disesuaikan dengan situasi dan kondisi (Battle Formation), beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
Bentuk Pertama:
Spoiler:
 
Taktik ini digunakan untuk medan tempur yang rata, dengan asumsi pasukan romawi saat itu memiliki kelompok sayap (wings) yang kuat. Jika musuh menghindari kelompok sayap ini dan memutarinya, maka ada pasukan cadangan (reserves) yang akan menghadangnya. Begitu kelompok sayap musuh dapat dikalahkan, maka pasukan romawi akan menekan pusat (center) dari pasukan musuh.

Bentuk Kedua:

Spoiler:
 
Dengan asumsi, sayap kiri lebih lemah, mungkin karena harus mensuport perisai yang berat, serangan dimulai dari sayap kanan, memutari formasi musuh dan menyerang dari belakang. Sayap kiri tetap menjaga formasi, pasukan cadangan menjaga sayap kiri atau serangan musuh ke arah tengah.


Bentuk Ketiga:
Spoiler:
 
Formasi ini digunakan dalam keadaan yang tidak menguntungkan. Digunakan ketika sayap kiri (biasanya yang terlemah), lebih kuat daripada sayap kanan. Ketika menyerang, sayap kiri, diisi dengan kaveleri terbaik pasukan romawi, menyerang sayap kanan lawan sementara sayap kanannya sendiri tetap menjaga jarak dalam batas yang aman.

Bentuk Keempat:
Spoiler:
 
Keuntungan dari Formasi ini adalah serangan yang tak terduga. Seluruh pasukan dibawa mendekati pasukan musuh, dimana kedua sayap langsung menyerang kedua sayap musuh. Hal ini biasanya mengagetkan pasukan lawan. Sistem serangan ini, membagi pasukan menjadi tiga bagian, dimana bila musuh selamat dari serangan pertama, bagian tengah pasukan romawi tetap terjaga, dimana kedua sayap bisa berperang secara terpisah.

Bentuk Kelima:
Spoiler:
 
Formasi ini adalah bentuk variasi dari formasi keempat dengan menempatkan infantri ringan dan pasukan panah didepan formasi tengah.

Bentuk Keenam:
Spoiler:
 
Ketika jumlah pasukan romawi kalah banyak dibandingkan pasukan lawan, ini adalah formasi yang ‘diharapkan’ bisa berhasil. Sayap kiri dilindungi oleh apa saja yang tersedia. Sayap kanan dilindungi oleh pasukan ringan dan kaveleri. Dengan dua sayap dalam keadaan terjaga baik, pasukan lawan paling kurang harus berpikir banyak sebelum menyerang.

Pertempuran ZAMA (Hannibal vs Scipio)
[You must be registered and logged in to see this image.]

Gambar diatas adalah formasi alternatif pasukan romawi yang dipimpin oleh Scipio ketika menghadapi Hannibal dari Kartago, dalam Pertempuran Zama, 19 Oktober 202 SM.

Credit: [You must be registered and logged in to see this link.]
Kembali Ke Atas Go down
http://www.expert-168.blogspot.com
rend.army
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 153
Join date : 15.08.10
Age : 26
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Fri Jun 10, 2011 8:23 am

wihh keren gan..tp kok bisa sampek kalah ya romawi??tau sejarahnya gak gan..
Kembali Ke Atas Go down
Rapers
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 203
Join date : 08.06.11
Age : 21
Lokasi : Kingdom of Hack

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Fri Jun 10, 2011 3:24 pm

^^^

Kan ada pepatah bilang Roda itu selalu berputar, So ngga mungkin menagn terus kan
Kembali Ke Atas Go down
http://www.expert-168.blogspot.com
rend.army
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 153
Join date : 15.08.10
Age : 26
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Fri Jun 10, 2011 6:36 pm

Rapers wrote:
^^^

Kan ada pepatah bilang Roda itu selalu berputar, So ngga mungkin menagn terus kan
kalo roda berputar seh..hbis d atas..trus d bawah..trus kembali ke atas lagi..lah ini..atas,,bawah,,lenyap...
Kembali Ke Atas Go down
blackhawk
Member Aktif
Member Aktif


Jumlah posting : 151
Join date : 18.05.11

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Fri Jun 10, 2011 8:37 pm

perang ada kalah ada menang
Kembali Ke Atas Go down
rend.army
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 153
Join date : 15.08.10
Age : 26
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Sat Jun 11, 2011 7:49 am

blackhawk wrote:
perang ada kalah ada menang
yang ane tanyakan,,sejahrahnya romawi kok bisa kalah??kalo itu seh,semua juga pada tau..
Kembali Ke Atas Go down
blackhawk
Member Aktif
Member Aktif


Jumlah posting : 151
Join date : 18.05.11

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Sat Jun 11, 2011 8:03 am

rend.army wrote:
blackhawk wrote:
perang ada kalah ada menang
yang ane tanyakan,,sejahrahnya romawi kok bisa kalah??kalo itu seh,semua juga pada tau..


kalah sama pasukan khilafah muslim apa bukan ya?
Kembali Ke Atas Go down
rend.army
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 153
Join date : 15.08.10
Age : 26
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Sat Jun 11, 2011 9:36 am

blackhawk wrote:
rend.army wrote:
blackhawk wrote:
perang ada kalah ada menang
yang ane tanyakan,,sejahrahnya romawi kok bisa kalah??kalo itu seh,semua juga pada tau..


kalah sama pasukan khilafah muslim apa bukan ya?
owh bgitu ya gan..brarti jaman dulu negara muslim lebih hebat dari negara barat..sayang..skarang malah sebaliknya..
Kembali Ke Atas Go down
blackhawk
Member Aktif
Member Aktif


Jumlah posting : 151
Join date : 18.05.11

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Sat Jun 11, 2011 9:51 am

betul sob... muslim sekarang tidak bersatu saling berpecah belah yang menjadikan lemah... andai mereka semua pada berpikir dan mengambil contoh dari pendahulu mereka.. pasti kejayaan diraih kembali
Kembali Ke Atas Go down
Rapers
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 203
Join date : 08.06.11
Age : 21
Lokasi : Kingdom of Hack

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Sat Jun 11, 2011 9:57 am

^^^

Bener masbro, jaman dulu Kerajaan Umayah pernah naklukin sebagian besar eropa + menang perang Salib.. Gimana ngg hebat . Sekarang aja yang umatnya udah hancur-hancuran
Kembali Ke Atas Go down
http://www.expert-168.blogspot.com
blackhawk
Member Aktif
Member Aktif


Jumlah posting : 151
Join date : 18.05.11

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Sat Jun 11, 2011 10:28 am

Rapers wrote:
^^^

Bener masbro, jaman dulu Kerajaan Umayah pernah naklukin sebagian besar eropa + menang perang Salib.. Gimana ngg hebat . Sekarang aja yang umatnya udah hancur-hancuran

jadi mari kita sekarang rapatkan barisan buat kejayaan kembali...
Kembali Ke Atas Go down
rend.army
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 153
Join date : 15.08.10
Age : 26
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Sat Jun 11, 2011 12:31 pm

blackhawk wrote:
Rapers wrote:
^^^

Bener masbro, jaman dulu Kerajaan Umayah pernah naklukin sebagian besar eropa + menang perang Salib.. Gimana ngg hebat . Sekarang aja yang umatnya udah hancur-hancuran

jadi mari kita sekarang rapatkan barisan buat kejayaan kembali...
udh percuma gan..jaman skarang udh gak ada yg brani nglawan amerika dan skutunya..kalo brani nglawan nasibnya berakhir kayak iraq dan libya..
Kembali Ke Atas Go down
Rapers
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 203
Join date : 08.06.11
Age : 21
Lokasi : Kingdom of Hack

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Sun Jun 12, 2011 1:07 pm

^^^
Yah, tapi kalau ngga salah ahirnya Umat muslim yang menang gan. Ane pernah baca dibuku apa gitu. Kalau Yahudi memberbudak umat nasrani aja. Tapi nanti ada pemimpin penyatu umat Muslim namanya Imam Mahdi.
Pernah denger ngga?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.expert-168.blogspot.com
rend.army
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 153
Join date : 15.08.10
Age : 26
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Sun Jun 12, 2011 3:53 pm

Rapers wrote:
^^^
Yah, tapi kalau ngga salah ahirnya Umat muslim yang menang gan. Ane pernah baca dibuku apa gitu. Kalau Yahudi memberbudak umat nasrani aja. Tapi nanti ada pemimpin penyatu umat Muslim namanya Imam Mahdi.
Pernah denger ngga?
kayaknya gak pernah deh..emang buku apa gan??kok kayak sok tau gtu bukunya bisa ngramal masa depan??
Kembali Ke Atas Go down
Rapers
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 203
Join date : 08.06.11
Age : 21
Lokasi : Kingdom of Hack

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Sun Jun 12, 2011 8:29 pm

rend.army wrote:
Rapers wrote:
^^^
Yah, tapi kalau ngga salah ahirnya Umat muslim yang menang gan. Ane pernah baca dibuku apa gitu. Kalau Yahudi memberbudak umat nasrani aja. Tapi nanti ada pemimpin penyatu umat Muslim namanya Imam Mahdi.
Pernah denger ngga?
kayaknya gak pernah deh..emang buku apa gan??kok kayak sok tau gtu bukunya bisa ngramal masa depan??

Klau ngga salah buku tentang Zionis Israel gitu atau kalau ngga salah tentang dajjal..
Btw, kita kok kejar-kejaran postingan ya? hahaha
Kembali Ke Atas Go down
http://www.expert-168.blogspot.com
rend.army
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 153
Join date : 15.08.10
Age : 26
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   Mon Jun 13, 2011 12:25 am

Rapers wrote:
rend.army wrote:
Rapers wrote:
^^^
Yah, tapi kalau ngga salah ahirnya Umat muslim yang menang gan. Ane pernah baca dibuku apa gitu. Kalau Yahudi memberbudak umat nasrani aja. Tapi nanti ada pemimpin penyatu umat Muslim namanya Imam Mahdi.
Pernah denger ngga?
kayaknya gak pernah deh..emang buku apa gan??kok kayak sok tau gtu bukunya bisa ngramal masa depan??

Klau ngga salah buku tentang Zionis Israel gitu atau kalau ngga salah tentang dajjal..
Btw, kita kok kejar-kejaran postingan ya? hahaha
ahh..jangan percaya sama buku gtu2 gan..harus d kaji dulu kebenaran..ntar kita berpikiran salah..emang perlu d jawab ya??
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan   

Kembali Ke Atas Go down
 
Inilah Strategi Perang Pasukan Romawi Yang Menakjubkan
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: GENERAL LOUNGE :: Education-
Navigasi: