IndeksPendaftaranLogin

Share | 
 

 Ancaman Antariksa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
Super Admin
Administrator
Administrator
avatar

Jumlah posting : 209
Join date : 05.04.10
Lokasi : http://www.joglocyber.com

PostSubyek: Ancaman Antariksa   Sat May 15, 2010 10:41 am

Meteor yang sampai ke Bumi dalam ukuran cukup besar merupakan kejadian langka, tetapi kemungkinan meteorit mengenai permukiman akan meningkat seiring memadatnya penduduk. Ancaman lain dari antariksa muncul dengan bertambahnya jumlah sampah antariksa berupa rongsokan satelit.

Meteorit yang menimpa rumah seperti yang terjadi pada Kamis (29/4/2010) di permukiman padat di Kelurahan Malakasari, Duren Sawit, Jakarta Timur, menurut catatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), merupakan yang pertama kali terjadi di Indonesia.

Selama ini, meteorit—batu meteor yang sampai ke permukaan Bumi—jatuh di wilayah tak berpenghuni. Tujuh tahun terakhir, Lapan mencatat ada beberapa kejadian meteorit di wilayah Indonesia, antara lain berlokasi di pinggir hutan dekat Pontianak, Kalimantan Barat (2003); di sebuah lahan terbuka di Tegal; dan daerah persawahan di Gianyar, Bali (2008).

Yang terakhir adalah meteor yang jatuh di Bone, Sulawesi Selatan, Oktober 2009. Meteor berdiameter sekitar 10 meter yang jatuh di perairan dekat Teluk Bone ini menimbulkan ledakan yang besar di udara, dan dilihat oleh banyak saksi mata.

Sejak tahun 1908, wilayah daratan Indonesia diketahui pernah kejatuhan 17 meteor berukuran relatif besar. Kejadian paling awal adalah meteor seberat 1,63 kilogram yang ditemukan di Pulau Kangean, Sumenep, Jawa Timur, 27 November 1908. Meteor yang terberat ditemukan di Jumapolo, Jawa Timur, 13 Maret 1984, seberat 32,49 kg.

Kejatuhan benda langit

Setiap bulan sesungguhnya permukaan Bumi ini terkena jatuhan meteorit. Namun, banyak yang tidak diketahui manusia karena meteorit jatuh di laut, hutan, rawa, dan daerah terbuka lainnya. Meteorit yang jatuh di wilayah Indonesia bisa terjadi 2 hingga 3 tahun sekali. Peluang jatuh di darat pun kecil karena sebagian besar wilayahnya berupa lautan.

Ukuran meteorit yang sampai ke permukaan Bumi pun sangat kecil, berupa serpihan dan pasir. Benda antariksa itu masuk ke atmosfer dengan kecepatan sekitar 100.000 kilometer per jam. Ia biasanya akan terkikis oleh massa udara yang relatif padat di atmosfer Bumi. Akibatnya, meteorit akan mulai terbakar dengan suhu ratusan derajat celsius menyerupai bola api pada ketinggian 100 km dari permukaan Bumi.

”Oleh karena itu, begitu sampai di Bumi, meteorit telah hancur berkeping-keping berupa serpihan,” ujar Thomas Djamaluddin, pakar astronomi dan astrofisika dari Lapan.

Karena panas yang sangat tinggi, bagian luar meteorit akan meleleh hingga menyisakan material yang menghitam di permukaan Bumi.

Meteorit umumnya mengandung nikel dan logam lain. Adapun yang berupa batuan terdiri dari karbon dan silikat. ”Material dari langit itu tidak mengandung zat beradiasi atau radioaktif,” kata Thomas.

Meteor

Meteor merupakan sisa asteroid atau bintang yang telah hancur atau sisa-sisa dari pembentukan tata surya antarplanet. Saat Bumi yang berada dalam tata surya Matahari berpapasan dengan obyek antariksa itu, meteor akan tertarik oleh gravitasi Bumi hingga masuk ke atmosfer.

Hingga kini, belum ada sistem pemantau yang mampu mendeteksi meteor yang berukuran kurang dari 10 meter, apalagi meteor yang gerakannya sangat sporadis dan acak.

Berbeda dengan jatuhnya sampah antariksa, hujan meteor bisa diprediksi setiap bulannya. Hujan meteor berupa butiran seukuran pasir berasal dari gugusan debu sisa komet.

Selain hujan meteor Lyrid bulan lalu, penduduk Bumi akan melihat hujan meteor awal Mei ini dan di antaranya meteor Leonid pada November mendatang. Tahun ini total akan ada 11 kali hujan meteor utama.

Debu antariksa

Di sekeliling Bumi ini bertebaran batuan antariksa dengan berbagai ukuran dari yang berukuran pasir hingga relatif lebih besar. Jumlahnya mencapai lebih dari 25.000 ton.

Material ini belum termasuk sampah antariksa akibat aktivitas manusia sendiri. Sampah itu berupa rongsokan satelit yang tidak aktif lagi. Menurut data Lapan, jumlah sampah antariksa lebih dari 15.000 buah.

Khusus untuk sampah satelit ini, pihak Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mengeluarkan katalog untuk setiap satelit bekas yang berada di sekeliling Bumi. Katalog itu juga memuat pemilik satelit itu dan potensi bahaya saat masuk ke atmosfer. Sayangnya, katalog itu hanya berisi daftar sampah yang berukuran di atas 10 meter.

Jatuhnya sampah antariksa merupakan ancaman lain bagi Indonesia. Peluang jatuhnya serpihan satelit—yang beredar di sekitar khatulistiwa—tergolong besar karena Indonesia membentang hingga seperdelapan wilayah khatulistiwa. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Sri Kaloka.

Sama seperti meteor, meski sampah antariksa berupa kepingan, benda itu akan melesat dengan kecepatan yang sangat tinggi saat jatuh ke permukaan Bumi dan bisa mengenai kawasan permukiman atau obyek penting lain.

Untuk mengantisipasi hal itu, Lapan mengamati obyek itu dan melakukan tindakan pengamanan sebelum kejadian, misalnya dengan menutup jalan tol dan membebaskan kawasan yang akan terkena obyek tersebut.

Pada masa mendatang, peluang jatuhnya sampah antariksa di muka Bumi akan kian membesar. Hingga 27 Januari tahun lalu, jumlah serpihan ada 7.789 (berukuran di atas 10 cm), satelit berfungsi dan tidak berfungsi berjumlah 3.338, serta badan roket sebanyak 1.820. Total, ada 12.947 buah.

sumber : okezone.com

wuih.....sereeem :hdd:
Kembali Ke Atas Go down
assyams
Member
Member
avatar

Jumlah posting : 81
Join date : 09.05.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Mon May 17, 2010 12:40 am

YONA_JOGLO wrote:
Meteor yang sampai ke Bumi dalam ukuran cukup besar merupakan kejadian langka, tetapi kemungkinan meteorit mengenai permukiman akan meningkat seiring memadatnya penduduk. Ancaman lain dari antariksa muncul dengan bertambahnya jumlah sampah antariksa berupa rongsokan satelit.

Meteorit yang menimpa rumah seperti yang terjadi pada Kamis (29/4/2010) di permukiman padat di Kelurahan Malakasari, Duren Sawit, Jakarta Timur, menurut catatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), merupakan yang pertama kali terjadi di Indonesia.

Selama ini, meteorit—batu meteor yang sampai ke permukaan Bumi—jatuh di wilayah tak berpenghuni. Tujuh tahun terakhir, Lapan mencatat ada beberapa kejadian meteorit di wilayah Indonesia, antara lain berlokasi di pinggir hutan dekat Pontianak, Kalimantan Barat (2003); di sebuah lahan terbuka di Tegal; dan daerah persawahan di Gianyar, Bali (2008).

Yang terakhir adalah meteor yang jatuh di Bone, Sulawesi Selatan, Oktober 2009. Meteor berdiameter sekitar 10 meter yang jatuh di perairan dekat Teluk Bone ini menimbulkan ledakan yang besar di udara, dan dilihat oleh banyak saksi mata.

Sejak tahun 1908, wilayah daratan Indonesia diketahui pernah kejatuhan 17 meteor berukuran relatif besar. Kejadian paling awal adalah meteor seberat 1,63 kilogram yang ditemukan di Pulau Kangean, Sumenep, Jawa Timur, 27 November 1908. Meteor yang terberat ditemukan di Jumapolo, Jawa Timur, 13 Maret 1984, seberat 32,49 kg.

Kejatuhan benda langit

Setiap bulan sesungguhnya permukaan Bumi ini terkena jatuhan meteorit. Namun, banyak yang tidak diketahui manusia karena meteorit jatuh di laut, hutan, rawa, dan daerah terbuka lainnya. Meteorit yang jatuh di wilayah Indonesia bisa terjadi 2 hingga 3 tahun sekali. Peluang jatuh di darat pun kecil karena sebagian besar wilayahnya berupa lautan.

Ukuran meteorit yang sampai ke permukaan Bumi pun sangat kecil, berupa serpihan dan pasir. Benda antariksa itu masuk ke atmosfer dengan kecepatan sekitar 100.000 kilometer per jam. Ia biasanya akan terkikis oleh massa udara yang relatif padat di atmosfer Bumi. Akibatnya, meteorit akan mulai terbakar dengan suhu ratusan derajat celsius menyerupai bola api pada ketinggian 100 km dari permukaan Bumi.

”Oleh karena itu, begitu sampai di Bumi, meteorit telah hancur berkeping-keping berupa serpihan,” ujar Thomas Djamaluddin, pakar astronomi dan astrofisika dari Lapan.

Karena panas yang sangat tinggi, bagian luar meteorit akan meleleh hingga menyisakan material yang menghitam di permukaan Bumi.

Meteorit umumnya mengandung nikel dan logam lain. Adapun yang berupa batuan terdiri dari karbon dan silikat. ”Material dari langit itu tidak mengandung zat beradiasi atau radioaktif,” kata Thomas.

Meteor

Meteor merupakan sisa asteroid atau bintang yang telah hancur atau sisa-sisa dari pembentukan tata surya antarplanet. Saat Bumi yang berada dalam tata surya Matahari berpapasan dengan obyek antariksa itu, meteor akan tertarik oleh gravitasi Bumi hingga masuk ke atmosfer.

Hingga kini, belum ada sistem pemantau yang mampu mendeteksi meteor yang berukuran kurang dari 10 meter, apalagi meteor yang gerakannya sangat sporadis dan acak.

Berbeda dengan jatuhnya sampah antariksa, hujan meteor bisa diprediksi setiap bulannya. Hujan meteor berupa butiran seukuran pasir berasal dari gugusan debu sisa komet.

Selain hujan meteor Lyrid bulan lalu, penduduk Bumi akan melihat hujan meteor awal Mei ini dan di antaranya meteor Leonid pada November mendatang. Tahun ini total akan ada 11 kali hujan meteor utama.

Debu antariksa

Di sekeliling Bumi ini bertebaran batuan antariksa dengan berbagai ukuran dari yang berukuran pasir hingga relatif lebih besar. Jumlahnya mencapai lebih dari 25.000 ton.

Material ini belum termasuk sampah antariksa akibat aktivitas manusia sendiri. Sampah itu berupa rongsokan satelit yang tidak aktif lagi. Menurut data Lapan, jumlah sampah antariksa lebih dari 15.000 buah.

Khusus untuk sampah satelit ini, pihak Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mengeluarkan katalog untuk setiap satelit bekas yang berada di sekeliling Bumi. Katalog itu juga memuat pemilik satelit itu dan potensi bahaya saat masuk ke atmosfer. Sayangnya, katalog itu hanya berisi daftar sampah yang berukuran di atas 10 meter.

Jatuhnya sampah antariksa merupakan ancaman lain bagi Indonesia. Peluang jatuhnya serpihan satelit—yang beredar di sekitar khatulistiwa—tergolong besar karena Indonesia membentang hingga seperdelapan wilayah khatulistiwa. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Sri Kaloka.

Sama seperti meteor, meski sampah antariksa berupa kepingan, benda itu akan melesat dengan kecepatan yang sangat tinggi saat jatuh ke permukaan Bumi dan bisa mengenai kawasan permukiman atau obyek penting lain.

Untuk mengantisipasi hal itu, Lapan mengamati obyek itu dan melakukan tindakan pengamanan sebelum kejadian, misalnya dengan menutup jalan tol dan membebaskan kawasan yang akan terkena obyek tersebut.

Pada masa mendatang, peluang jatuhnya sampah antariksa di muka Bumi akan kian membesar. Hingga 27 Januari tahun lalu, jumlah serpihan ada 7.789 (berukuran di atas 10 cm), satelit berfungsi dan tidak berfungsi berjumlah 3.338, serta badan roket sebanyak 1.820. Total, ada 12.947 buah.

sumber : okezone.com

wuih.....sereeem :hdd:

Tambah hari tambah menyeramkan saja yak?
belom lagi moral manusianya, lebih menyeramkan dari ancaman Meteorit gan.
Kembali Ke Atas Go down
vreyz
Member Baru
Member Baru
avatar

Jumlah posting : 27
Join date : 17.05.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Mon May 17, 2010 7:37 pm

lebih serem lagi koruptor yang ada di DPR gan :hdd:
Kembali Ke Atas Go down
mamedz
Verified Member
Verified Member
avatar

Jumlah posting : 342
Join date : 09.05.10
Lokasi : Somewhere I Belong

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Mon May 17, 2010 7:57 pm

wah jangan2 itu udah tanda-tanda gan...
buruan nikah en punya anak dahh, rajin2 beribadah juga,...
Kembali Ke Atas Go down
rusdy
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 270
Join date : 23.05.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Sun May 23, 2010 5:01 am

ah'....
saya sich percaya sama yg maha penciptanya aja dech'..
karena datangnya hari akhir hanya DIA yg tahu,..
Kembali Ke Atas Go down
Kuntul_biuk
Member Baru
Member Baru
avatar

Jumlah posting : 26
Join date : 23.05.10
Age : 28
Lokasi : Majalengka,jawa barat

PostSubyek: Fenomena alam   Mon May 24, 2010 9:20 am

Tu kan cuma fenomena alam yg biasa terjadi.Siklusnya dah teratur trjadi sekian tahun
Kembali Ke Atas Go down
rasta
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 113
Join date : 10.05.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Wed May 26, 2010 9:56 pm

info yg bagus :hdd:
Kembali Ke Atas Go down
babasz
Member Baru
Member Baru
avatar

Jumlah posting : 6
Join date : 29.05.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Sat May 29, 2010 5:42 am

mamedz wrote:
wah jangan2 itu udah tanda-tanda gan...
buruan nikah en punya anak dahh, rajin2 beribadah juga,...
setubuh gan :wer:
Kembali Ke Atas Go down
rivha
Moderator
Moderator
avatar

Jumlah posting : 151
Join date : 04.06.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Sat Jun 05, 2010 4:00 am

update terbaru.....

apa ada yang sadar pas kemaren siang tanggal 04/06/2010???

kalo diperhatiin baik2...
disekitar matahari ada seperti meterorit...
kemungkinan adalah meteor yang siap beraksi...
tapi ga tau bakal jatuh di planet apa...
dan kalau jatuh di bumi....
tetep belum bisa diprediksiin...

jadi siap2 ajah ia....
jaga2 lebih baik...

Salam hangat...
rivha

:aj:
Kembali Ke Atas Go down
lagiON
Member
Member
avatar

Jumlah posting : 79
Join date : 07.06.10
Lokasi : kaki gunung lawu

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Mon Jun 07, 2010 2:00 pm

jadi ke inget film armagadon....
Kembali Ke Atas Go down
curet
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 234
Join date : 13.05.10
Lokasi : desa tertinggal

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Wed Jun 09, 2010 6:56 am

Hmmm.....
Kembali Ke Atas Go down
edwan
Member Aktif
Member Aktif
avatar

Jumlah posting : 209
Join date : 09.05.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Wed Jun 09, 2010 7:16 am

semoga jatohya jauh jauh dari rumah ane kalau bisa jatuhya jangan di indonesia kometnya mampir aja ke isr*el
Kembali Ke Atas Go down
lagiON
Member
Member
avatar

Jumlah posting : 79
Join date : 07.06.10
Lokasi : kaki gunung lawu

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Mon Jun 14, 2010 2:01 pm

edwan wrote:
semoga jatohya jauh jauh dari rumah ane kalau bisa jatuhya jangan di indonesia kometnya mampir aja ke isr*el

ane setuju gan
Kembali Ke Atas Go down
ahyau
Phreak Moderator
Phreak Moderator
avatar

Jumlah posting : 1177
Join date : 04.07.10
Lokasi : [Root@Server]#

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Sun Aug 15, 2010 12:01 am

rivha wrote:
update terbaru.....

apa ada yang sadar pas kemaren siang tanggal 04/06/2010???

kalo diperhatiin baik2...
disekitar matahari ada seperti meterorit...
kemungkinan adalah meteor yang siap beraksi...
tapi ga tau bakal jatuh di planet apa...
dan kalau jatuh di bumi....
tetep belum bisa diprediksiin...

jadi siap2 ajah ia....
jaga2 lebih baik...

Salam hangat...
rivha

:aj:

jaganya pake apa nih gan? apa pake raket kita tepok lagi tuh meteoit.. hehe, becanda gan..
Kembali Ke Atas Go down
chezzter
Member
Member


Jumlah posting : 54
Join date : 12.05.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Sun Aug 15, 2010 12:29 pm

rivha wrote:
update terbaru.....

apa ada yang sadar pas kemaren siang tanggal 04/06/2010???

kalo diperhatiin baik2...
disekitar matahari ada seperti meterorit...
kemungkinan adalah meteor yang siap beraksi...
tapi ga tau bakal jatuh di planet apa...
dan kalau jatuh di bumi....
tetep belum bisa diprediksiin...

jadi siap2 ajah ia....
jaga2 lebih baik...

Salam hangat...
rivha

:aj:
kalo jatuh dibumi ya siap2 aja menghadapi kepunahan berarti!
Kembali Ke Atas Go down
vreyz
Member Baru
Member Baru
avatar

Jumlah posting : 27
Join date : 17.05.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Mon Aug 16, 2010 1:52 am

^^ meski meteor g jatuh, indonesia udah mau punah jg kayaknya.. banyak koruptor tuh
Kembali Ke Atas Go down
nutra
Moderator
Moderator
avatar

Jumlah posting : 931
Join date : 11.08.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Wed Aug 18, 2010 5:15 pm

sebelum tertimpa musibah, kita harus selalu persiapkan diri kita menghadapi yang terburuk, ga perlu parno

karena semua akan berakhir pada masanya nanti
Kembali Ke Atas Go down
ewwink
Member Aktif
Member Aktif


Jumlah posting : 178
Join date : 28.07.10
Lokasi : Tasikmalaya

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Wed Aug 18, 2010 8:08 pm

wah menakutkan mudah2an tidak terjadi
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cekpr.com
virgintaker
Member Baru
Member Baru


Jumlah posting : 25
Join date : 04.06.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Mon Aug 23, 2010 2:44 am

klo jatuh 5 kilo dari rumah ane, mayan tuh bisa dikiloin
Kembali Ke Atas Go down
scrambler
Member
Member
avatar

Jumlah posting : 95
Join date : 15.07.10
Lokasi : Ngayogyokarto Hadiningrat

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Tue Aug 24, 2010 4:21 am

musti siap2 migrasi ke mars nih gw...
Kembali Ke Atas Go down
temond
Member
Member
avatar

Jumlah posting : 96
Join date : 14.06.10
Lokasi : Makassar

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Tue Aug 24, 2010 8:05 pm

vreyz wrote:
lebih serem lagi koruptor yang ada di DPR gan :hdd:

setuju gan :afg:
Kembali Ke Atas Go down
aferroes
Member Baru
Member Baru
avatar

Jumlah posting : 24
Join date : 01.08.10
Age : 29

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Sat Aug 28, 2010 2:50 pm

:hdd: klo begitu... dunia terancam dong!!!!
Kembali Ke Atas Go down
gobanggobing
Member Baru
Member Baru


Jumlah posting : 25
Join date : 20.07.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Sun Aug 29, 2010 1:57 pm

nubitol ijin nyimak

:a;:
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Tue Aug 31, 2010 4:24 am

Ngeri juga ya, jd inget film armagedon.
Kembali Ke Atas Go down
anakibu
Member Baru
Member Baru


Jumlah posting : 24
Join date : 19.08.10

PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   Wed Sep 01, 2010 9:06 am

:hdd: armagedon boo...
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Ancaman Antariksa   

Kembali Ke Atas Go down
 
Ancaman Antariksa
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: GENERAL LOUNGE :: News & Politic-
Navigasi: